CAKUPAN MATERI SENI BUDAYA KELAS 8 SEMESTER 1
MATERI 1. MENGGAMBAR MODEL
3.1 Memahami
konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai bahan dan beragam
teknik.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :1. Menjelaskan pengertian gambar model dengan benar.
2. Mengidentifikasi setiap jenis objek gambar model dengan benar.
3. Mengidentifikasi karakter objek gambar model dengan benar.
4. Menggambar model sesuai karakter objek gambar dengan kreatif.
Pekan 1 : Eksplorasi Menggambar Model
Pekan 2-4 : Menggambar Model
Pekan 5 : Pameran Online Hasil Karya Siswa
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami konsep dan prosedur menggambar ilustrasi dengan teknik manual atau digital.
4.2 Menggambar ilustrasi dengan teknik manual atau digital.
Materi Esensial :
Pekan 2-4 : Menggambar Model
Pekan 5 : Pameran Online Hasil Karya Siswa
MATERI 2. MENGGAMBAR ILUSTRASI
3.2 Memahami konsep dan prosedur menggambar ilustrasi dengan teknik manual atau digital.
4.2 Menggambar ilustrasi dengan teknik manual atau digital.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian gambar ilustrasi.
2. Mengidentifikasi jenis objek gambar
ilustrasi.
3. Mengidentifikasi karakter objek gambar
ilustrasi.
4. Menggambar sesuai karakter objek
ilustrasi.
Pekan 6 : Eksplorasi Menggambar Ilustrasi
Pekan 7-9 : Menggambar Ilustrasi
Pekan 10 : Pameran Online Hasil Karya Siswa
Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami teknik dan gaya lagu daerah secara unisono atau perseorangan.
4.1 Menyanyikan lagu daerah secara unisono atau perseorangan.
Materi Esensial :
Pekan 7-9 : Menggambar Ilustrasi
Pekan 10 : Pameran Online Hasil Karya Siswa
MATERI 3. GAYA BERNYANYI LAGU DAERAH
3.1 Memahami teknik dan gaya lagu daerah secara unisono atau perseorangan.
4.1 Menyanyikan lagu daerah secara unisono atau perseorangan.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Mengeksplorasi (observasi dan bertanya) dari berbagai sumber
pembelajaran tentang teknik dan gaya lagu daerah
secara unisono atau perseorangan.
2. Menyanyikan lagu daerah secara unisono atau perseorangan berdasarkan
hasil eksplorasi siswa masing-masing.
Pekan 11 : Eksplorasi Lagu Daerah
Pekan 12-14 : Interpretasi Lagu Daerah Jawa dan Luar Jawa
Pekan 15 : Apresiasi Seni Musik
Kompetensi Dasar :
1. Mengeksplorasi (observasi dan bertanya) dari berbagai sumber pembelajaran tentang cara menerapkan pola lantai, unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi.
2. Memilih, menentukan dan membuat susunan gerakan tentang gagasan berkarya seni tari tentang memperagakan gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing.
Materi Esensial :
Pekan 12-14 : Interpretasi Lagu Daerah Jawa dan Luar Jawa
Pekan 15 : Apresiasi Seni Musik
MATERI 4. KEUNIKAN GERAK TARI TRADISIONAL
3.1 Memahami
keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari.
4.1 Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :1. Mengeksplorasi (observasi dan bertanya) dari berbagai sumber pembelajaran tentang cara menerapkan pola lantai, unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi.
2. Memilih, menentukan dan membuat susunan gerakan tentang gagasan berkarya seni tari tentang memperagakan gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing.
Pekan 16 : Eksplorasi Seni Tari Tradisional
Pekan 17-19 : Interpretasi Seni Tari Tradisional
Pekan 20 : Apresiasi Seni Tari Tradisional
Pekan 17-19 : Interpretasi Seni Tari Tradisional
Pekan 20 : Apresiasi Seni Tari Tradisional
~ Tetap Semangat Belajar Seni Budaya #dirumahaja ~
Komentar
Posting Komentar